Monday 20 March 2017

Variasi Materi VLOOKUP & HLOOKUP

    Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsinya =HLOOKUP(lookup_value, tabel_array, row_index_num) dan atau bisa juga dibaca =HLOOKUP(nilai kunci, letak table, nomor baris).
Berikut ini tutorial cara-cara Menghitung: Gaji Pokok, Tunjangan, Transportasi, Total Gaji, Pajak, Gaji Bersih.
















1. Menghitung Gaji pokok. =VLOOKUP(B5;B14:E16;2)
Untuk menghitung gaji pokok gunakan fungsi vlookup di sel D5. Setelah mengisi formula disel D5, copy formula atau drag hingga sel D9. Bentuk penulisan fungsinya sama dengan yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu, =VLOOKUP(lookup_value; table_array;col_index_num).



2. Menghitung Tunjangan. =VLOOKUP(B5;B14:E16;3)
Untuk menghitung tunjangan gunakan fungsi VLOOKUP di sel E5. Setelah mengisi formula di sel E5, copy formula atau drag hingga sel E9. Seperti gambar di bawah ini:



3. Menghitung transportasi. =VLOOKUP(B5;B14:E16;4)
Gunakan fungsi VLOOKUP di sel F5. Setelah mengisi formula di sel F5, copy formula
atau drag hingga sel F9. Lihat gambar di bawah ini, untuk hasilnya:


4. Menghitung Total Gaji. =D5+E5+F5
Untuk menghitung total gaji gunakan fungsi SUM. Setelah mengisi formula di sel G5, copy formula atau drag hingga sel F9. Atau bisa juga dengan langsung menjumlahkannya di sel G5 menjadi seperti ini: =D5+E5+F5, kemudian copy ke bawah.


5. Menghitung Pajak. =HLOOKUP(B5;G13:I14;2)*D5
Untuk menghitung pajak gunakan fungsi HLOOKUP di sel H5, copy formula atau drag hinga sel H9 seprti di bawah ini;




6. Menghitung Gaji Bersih. =SUM(G5:H5)
Gunakan fungi SUM di sel i5 seperti ini =sum(G5:H5), copy formula atau drag hingga sel I9. Atau anda juga bisa gunakan perintah =G5:H5, kemudian copy atau drag ke bawah sampai sel i9.


Dan ini hasil terakhir pekerjaan yang ada di atas:


0 comments:

Post a Comment