Cara memasang kabel LAN


Tipe Straight

Kabel straight merupakan kabel yanng berfungsi untuk menghubungkan 2 device yang berbeda , contoh yaitu kabel staright dapat digunakan sebagai penghubung komputer dan switch , penghubung switch ke router , penghubung router dan hub , dan lain sebagainya

Siapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu ,peralatn yang dibutuhkan yaitu :
1. Kabel UTP
2. Connector RJ-45
3. Crimping tools
4. LAN tester


Setelah semua peralatan sudah siap sekarang kita bahas tentang cara pemasangan kabel UTP ..

Kupas ujung kabel kira-kira 2cm
Pisahkan kabel-kabel tersebut dan luruskan ,kemudian susun dan rapikan sesuai warna : orange putih , orange , hijau putih , biru , biru putih , hijau , coklat putih , coklat.
Potong ujung kabel hingga rata satu sama lainnya






Kemudian masukkan kabel kedalam connector RJ-45 , masukkan hingga ujung kabel mentok didalam connector RJ-45





Masukkan connector RJ-45 yang sudah terpasang kedalam tang crimping tools





Jepit connector RJ-45 hingga berbunyi “KLIK
Setelah berbunyi klik lepaskan dari crimmping tools
Kemudian test menggunakan LAN tester ..



NB #Jika kabel LAN terpasang dengan benar maka ketika diLAN tester maka led akan menyala secara berurutan dari nomor 1-8 .. jika ada yang salah maka led akan menyala secara tidak berurutan


Tipe Cross

Kabel cross mempunyai pengertian yang berbalikan dengan pengerian kabel straight dimana kabel cross merupakan kabel yang berfungsi untuk menghubungkan dua device yang sama , contohnya menghubungkan PC ke PC , menghubungkan dua hub , menghubungkan dua switch , dll.

Cara pemasangan kabel utp tipe cross hampir sama dengan tipe straight .. perbedaannya hanya terletak pada warna kabel yang kedua . untuk warna kabel yang pertama : orang putih , orange , hijau putih biru , biru putih , hijau , coklat putih , coklat sedangkan pada kabel yang kedua warnanya : hijau putih , hijau , orange putih , biru , biru putih , orange , coklat putih , coklat ..




Kesimpulannya adalah nanti jika ditest di LAN tester , maka nantinya led nomor 1,2,3 dan 6 akan saling bertukar .. jika di tipe straight led menyala secara berurutan maka di tipe cross led akan melompat-lompat , tetapi harus menyala semua dari nomor 1 - 8 .

Share on Google Plus

About rizko setiawan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment