Wednesday 15 March 2017

Pengertian Android.

Android


Pengertian android:
Android  adalah sistem operasi yg berbentuk linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer  tablet. Android menyediakan platfrom terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri.
Penemu Os android pertama kali Adalah  Andy rubin. Sejarah android pada mulanya berasal dari perusahan bernama Android,Inc.Didirikan tempatnya di Palo Alto, California, pada Oktober tahun 2003 oleh Andy rubin Lalu pada tahun 2005 perusahaan Android Inc di beli oleh google. Sistem android secara resmi di rilis pada tahun 2007 lebih tepatnya pada tanggal 5 November 2007.

Sistem operasi android:
Android adalah software untuk perangkat mobile yg mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi kunci. Pengembangan aplikasi pada platfrom Android menggunakan bahasa pemrograman java. Serangkaian aplikasi inti android antara antara lain klien email, program sms, kalender, peta, browser, kontak dll.

Sumber: http://mediainformasill.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-definisi-android.html

Kelebihan Handphone Android:
·         System operasi bersifat open source, jadi sangat memungkinkan penggunanya untuk membuat sofware sendiri.
·         Banyak aplikasi baik software maupun game yg bisa kita nikmati mulai dari berbayar sampai gratis.
·         Dari segi tampilan,terlihat elegant, sehingga penggunanya tidak akan mudah bosan.
·         Bersifat multitasking  yg  artinya bisa menjalankan apliksi sekaligus, itu artinya anda bisa menjalakan browsing, sambil mendengarkan lagu.
·         Kemudahan dalam Notifikasi, setiap mendapatkan misscall, sms , chat baru dari ym maupun fb, email akan selalu ada notifikasi.
·         Sinkronasi, jika anda pengguna Gmail maupun ymail, anda dapat menginterigasikan dengan handphone.
·         Anda, sehingga akan mempermudah Anda mengecek atau mengirim email.


Kekurangan Handpone Android:

·         Baterai Sangat boros dan cepat habis.
·         Pengoperasian, akan terlihat sulit jika Anda baru mempelajari Android dan pasti akan membingungkan karena sangat beda dengan handphone” lain.
·         Jika Anda menggunakan aplikasi bersifat gratis, iklan akan selalu muncul pada aplikasi tersebut dan munculnya iklan hanya jika terhubung ke internet.

Sumber: http://kelebihansistemoperasi.blogspot.co.id/2014/10/kelebihan-dan-kekurangan-sistem-operasi-android.html

Macam-Macam OS android dan urutanya:
1.      Android versi  1.1: Berdiri pada tanggal 5 November 2007 dan versi dari bender adalah perbaikan kinerja yang tercipta sebelumnya dari OS Astro Alpha, OS ini belum baik dan diresmikan upgrade dengan nama dengan nama bender dari alpha tersebut dikarenakan masalah hak cipta yang bermasalah atau trademark dan tetap dengan android HTC pada awalnya.

2.      Android versi  1.5(Cupcake): Berdiri pada tanggal 30 April tahun 2009 dengan awal mula menggunakan nama makanan yang manis agar kesanya kinerjanya juga manis di sinilah awal mula pemberian nama android dengan nama makanan yang manis telah berlangsung, sehingga semua nama dari OS terbaru juga merujuk dari nama Cupcake sampai versi selanjutnya.


3.      Android versi  1.6(Donut): Berdiri pada tanggal 15 September 2009, pembaruan Versi bug dan sistem kinerja dari versi sebelumnya cupcake dan dengan desain layar yang lebih efisien dengan nambah setiap inci ukurnya.


4.      Android versi  2.1(Eclair): Berdiri 26 Oktober 2009  yang  tidak  jauh dari versi Donut, OS ini berdiri karena menemukan pembaruan yang lebih baik da siknifikan untuk merubah dengan versi Eclair seperti flash kamera dan Bluetooth dengan penyempurnaan bug, yang berfokus dengan fitur tersebut, seperti multi touch dengan zoom kamera yang menarik perhatian publik.

5.      Android versi  2.2(Froyo): Berdiri pada tanggal 20 Mei tahun 2010, dengan OS Android yang satu satunya perangkat yang banyak dilirik oleh kalangan banyak orang pada zamanya, seperti pasar smarthpone MWC atau mobile world congess, persaingan terjadi dengan beberapa OS dari developer lain.

6.      Android versi  2.3(Gingerbread): Berdiri tanggal 6 Desember pada tahun 2010 tepatnya Gingerbread di rilis, Nexus S dari Samsung sebagai langakah  awal yang mengusung OS ini, persaingan OS samsung seri S dengan OS dari produk Blackbery yang masih bersiteru memperoleh peringkat terbaik.

7.      Android versi  3.1(Honeycomb): Berdiri 10 Mei maraknya mulai muncul pertama kali produk tablet, Honeycomb berdiri memiliki tujuan untuk mengalahkan Blackberry pada masanya dengan menciptakan ponsel pertama mode tab yang leih besar ukuran layarnya.



8.      Android versi  4.0(Ice cream sandwich): Berdiri 16 Desember 2011yang  di ciptakan khsus rujukan kesempurnaan dari versi sebelumnya yaitu Honeycomb, kelebihanya adalah user interface dari tampilanya sudah telihat, lebih efisien dan menakjubkan dan lebih dominan di banding yang dahulu, lebih efisien elegan dan berkelas mahal apalgi pengoptimalan dari multikasting yang mendukung.


9.      Android versi  4.1(Jelly bean): Jelly Bean berdiri 9 Juli 2012 untuk memperkenalkan versinya ke v4.1 tepatnya 27 Juni sebagai penyempurnaanya, dengan mengusung perangkat tablet versi jelly bean marak dan sering update pada versi ke 4.1, 4.2 sampai 4.3, banyak smartpone yang mendukung dan mempromosikan OS ini dari beberapa merk ternama.



10.  Android versi  4.4(Kitkat): Kitkat bertender dengan nama sendiri dari pembaruan fitur jelly bean, berbeda dengan versi sebelumnya, keunggulanya adalah langkah awal dengan memasang RAM 512 sudah bisa instal dan lebih makus, sangat jau dengan jelly bean yang sekurang kurangnya adalah 756 MB instalasinya.


11.  Android versi  5.0(Lolipop):  Berdiri 15 Oktober 2014 perubahan besar UI dan strategi fitur yang jauh dari sebelumnya, OS ini banyak terpasang pada android terbaru dari merk seperti ASUS dll, pendukung 64 bit setara dengan instalasi pada RAM 3 sampai 4GB yang mumpuni, sangat pantas jika OS ini adalah dikategorikan sebagai perubahan besar yang terjadi pada Android sampai sekarang.


12.  Android versi  6.0(marshmallow): Jenis OS ini adalah terbaik dan impian dari Android untuk menciptakan nama dari versi ini, banyak android yang menyediakan upgrade versi terdahulu ke versi ini di karenakan vendor masih memperindah fiturnya dan masih mesteri keunggulanya.

13.  Android versi  7.0(Nougat): Jenis OS Nougat Android versi ke 7 telah resmi di luncurkan sebagai pemutakhiran kinerja dari versi terdahulunya yaitu versi ke 6 Marshmallow, yang di kenal dengan istilah ilegan di lengkapi dengan layar split screen sebagai alat multitsking cerdas, dan fitur dooz sebagai penyempurna Marshmallow yang semakin menambah gairah Android anda, dan tidak lupa dengan Virtual Reality yang dapat di gunakan untuk menonton video 360 dan serasa nonton bioskop di tangan anda.


Sumber: http://www.gilang-access.com/2016/05/urutan-tingkatan-os-android.html

Fitur-Fitur yang tersedia di Android adalah:
  • Kerangka aplikasi: memungkinkan pengguna dan penghapusan komponen yg tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual di optimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik:garfik 2D dan 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk menyimpan data.
  • Mendukung media:audio,video,dan berbagi format gambar.
  • Gsm, Bluetooth, wi fi,EDGE, 3G, 4G, gmail, google map dll.
  • Kamera, Global Positioning system(GPS), kompas, dan accelerometer(tergantung hadware).

Dan perkembangan yg sangat ramai saat ini adalah android bisa BBM, Aplikasi ini akhirnya bisa di android yg semula hanya bisa di handphone BB(Blackbery).

Sumber: http://mediainformasill.blogspot.co.id/2012/04/pengertian-definisi-android.html



1 comments:

  1. Wah terima kasih atas informasi website sehingga kami memahami mengenai android

    Kami juga membahas ini di website kami, Monggo mampir juga sebagai info untuk beberapa informasi tentang alasan samsung sebagai android yang mahal

    https://bangamingadget.com/kenapa-android-samsung-mahal-ya/ terima kasih



    ReplyDelete