Sunday 19 March 2017

PENGENALAN DASAR KOMPUTER


 1. Pengertian komputer
 2. Perangkat keras komputer(hardware)
 3. Perangkat lunak komputer(software)
 4. Sistem operasi
 5. Brainware


1. Pengertian Komputer


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. 







     

2. Perangkat Keras (Hardware)


 Hardware memiliki pengertian sebagai perangkat komputer dimana yang dapat disentuh, diraba dan juga dilihat. Hingga hardware dikatakan sebagai perangkat keras karena bentuknya keras dan dapat di sentuh secara langsung. Untuk fungsi dari Hardware (perangkat keras) ini adalah dapat memberikan masukan, mampu mengolah dan menampilkan keluaran (output), dan dapat menjalankan sebuah perintah. Kemudian hardware (perangkat keras) di kelompokkan menjadi ke dalam 3 jenis dengan contohnya, antara lain di bawah ini: 

· Perangkat Input/Masukan adalah perangkat yang dapat digunakan dalam memasukan instruksi atau pun perintah dari si user atau pengguna komputer. Contoh dari perangkat keras input adalah keyboard, joystick, dan juga mouse
· Perangkat Pemrosesan adalah perangkat keras yang hanya digunakan untuk melakukan atau menjalankan perintah ( instruksi ) yang bermula dari perangkat keras input/masukan. Contoh perangkat pemrosesan itu adalah CPU, RAM dan lain-lainya
· Perangkat Output (Keluaran) dimana perangkat keras yang dapat digunakan dalam hal menghasilkan sesuatu dari hasil pemrosesan yang asalnya itu dari perangkat pemrosesan.

Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain.





Processor

Merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) bisa dibilang sebagai otak pada sebuah komputer, karena bertugas melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh komputer.





Harddisk
Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Dalam sebuah hard disk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung oleh hard disk tersebut.



PC Cooler/ Heatsink
PC cooler/ heatsink merupakan perangkat komputer yang berfungsi mengurangi panas yang dihasilkan oleh komputer. Mengingat panas pada komputer dapat merusak hardware lain di dalamnya, maka peranan PC cooler/ heatsink sangatlah penting.

Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis.





SSD
SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu hard disk. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya.



VGA CARD
VGA atau Video Graphic Adapter adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut GPU (Graphic Processing Unit).







OPTICAL DRIVE
Optical drive merupakan salah atu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD.







POWER SUPPLY
Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyuplai daya ke komponen-komponen yang lain seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power supply bisa dibilang jantung komputer.






RAM
RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor.






KEYBOARD
Keyboard merupakan papan kunci yang tergolong sebagai alat input. Keyboard sendiri terdiri dari deretan huruf dan angka.






MOUSE
Seperti halnya keyboard, mouse juga tergolong sebagai alat input. Mouse berfungsi menggerakkan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Perangkat ini dinamakan mouse, karena bentuknya yang menyerupai seekor tikus.







 
  
PRINTER
Sama halnya dengan monitor, printer merupakan perangkat keras yang tergolong sebagai alat output. Printer berfungsi mencetak hasil pengolahan data berupa teks/ gambar di atas kertas (hard copy).






SOUND CARD 
Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara.





SCANNER






Scanner merupakan perangkat keras yang mempunyai cara kerja yang hampir sama seperti fotokopi. Berbeda dengan cara kerja fotokopi, scanner berfungsi merubah hard file menjadi digital file yang dapat diolah di komputer.

PROYEKTOR LCD
Proyektor LCD merupakan salah satu jenis proyektor yang biasanya digunakan untuk menampilkan video maupun gambar dari komputer pada sebuah layar maupun pada bidang yang memiliki permukaan datar. Untuk menampilkan video/ gambar, proyektor LCD mengirimkan cahaya dari lampu halide logam lalu diteruskan ke dalam prisma dimana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau, dan biru pada sinyal video.



MODEM
Modem mempunyai kepanjangan Modulator Demodulator. Modem sendiri berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital di konversi oleh modem menjadi data yang berbentuk sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar yang berbentuk sinyal analog, modem akan mengubahnya kembali menjadi data yang berbentuk digital agar dapat diolah oleh komputer.




NIC / LAN CARD
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan internet.


SPEAKER
Speaker merupakan perangkat yang terbuat dari logam, membran, kumparan serta magnet. Speaker mempunyai peranan penting dalam mengeluarkan hasil pemrosesan berupa suara.


WEBCAM 
Webcam merupakan kamera digital yang dihubungkan ke komputer. Kebanyakan webcam saat ini menyatu dengan layar laptop. Webcam juga biasanya digunakan untuk mengambil gambar maupun video melalui jaringan internet.



3. Perangkat Lunak (Software)


Software merupakan data yang telah diprogram secara digital dimana tidak dapat dilihat dan disentuh secara nyata atau fisik, siftwere ini yang terdapat di dalam komputer. Software juga disebut perangkat lunak yang mampu mengendalikan atau dapat juga mengontrol perangkat keras ketika menjalankan suatu perintah atau proses. Software ini di bagi lagi beberapa di antara nya adalah :
· Program aplikasi, ini program yang di tujukan dalam memenuhi kebutuhan pengguna. misalnya itu program aplikasi seperti Ms.Word, Corel Draw, Excel, power point, adobe dsb
· Program bantu, program yang membantu sistem operasi. Artinya di dalam sistem operasi yang kita pakai ada dukungan aplikasi semacam program bantu anti virus, chroom, moxilla firefox, winamp, PC tools
· Bahasa pemrograman, mungkin ini sekilas asing bagi anda yang hanya memakai komputer untuk mesin ketik saja, akan tetapi ini bahasa pemrograman ini begitu penting bagi mereka seorang dosen teknik, mahasiswa teknik informatika dimana program yang berbentuk interpreter. Contohnya dari bahasa pemrograman seperti Pascal, delphi, xampp, vb.net, visual basic, java, dan HTML


Software desain  :
Adobe Photoshop
 Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.






Software pengolah database :
Microsoft Access
 Microsoft Access atau Microsoft Office Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer rasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna

  
Software Internet Browser :
Mozilla Firefox
 Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.




 


Software pengolah kata :
Microsoft Word
 Microsoft Word atau Microsoft Office Word atau Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Di Office 2013, Namanya cukup dinamakan Word.

  

Software pengolah lembar kerja (spreadsheet) :
Microsoft Excel
 Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
Software Plugin :
 Macromedia Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut.

 

Software antivirus :
Norton Internet Security
 Norton Internet Security adalah aplikasi keamanan komputer yang dikembangkan oleh Symantec Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows XP dan Vista. Norton Internet Security menawarkan perlindungan keamanan komputer tradisional, ditambah keamanan Web, backup dan alat pemeliharaan komputer.



Software extractor / pengolah archive :
WinRAR
 WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware.



Software Video Editing :
Ulead Movie Studio
 Ulead Video Studio adalah program aplikasi komputer yang digunakan untuk keperluan editing video. Program ini dirancang untuk dapat digunakan pada komputer dengan Sistem Operasi Windows XP, maupun 7 dan Vista. Seperti hal nya dengan Windows Movie Maker, dengan Ulead Video Studio Anda juga dapat mengedit video-video yang Anda hasilkan dari divicam, kamera digital, handphone, atau perangkat lainnya. Di sini Anda juga dapat menggabungkan video dengan gambar, musik, dan suara.


 




  
Software burning CD / DVD :
Nero Burning ROM / Nero StartSmart
 Nero Burning ROM adalah perangkat lunak buatan Nero AG, Jerman yang memiliki fungsi utama sebagai alat untuk membakar data pada keping CD, DVD hingga Blue Ray. Program ini merupakan bagian penting pada paket utama Nero Multimedia Suite 10 Platinum HD.






 


Software music / video player :
Windows Media Player
Windows Media Player adalah perangkatlunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. Windows Media Player merupakan bagian dari platform Windows Media yang dikembangkan oleh Microsoft. Sesuai dengan namanya, Windows Media Player ditugaskan untuk melakukan operasi playback terhadap berkas multimedia digital berformat Windows Media Format (WMA, WMV atau ASF), MPEG Audio Layer 3 (MP3), dan beberapa format multimedia digital lainnya. Bagian yang lainnya dari platform Windows Media, adalah Windows Media Services (dulunya dikenal dengan NetShow Server), yang bertugas untuk mengalirkan data multimedia digital dengan menggunakan teknologi multimedia streaming.

  

Software pengaturan tampilan :
Vista Transformation Pack
 Windows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center.




Software Messenger :
Yahoo! Messenge

 Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

 

4. Sistem Operasi


  Sistem Operasi (Operating system) adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Salah satu contoh dari Sistem Operasi adalah Windows, Linux dan Mac OS. 


A. WINDOWS

  Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. Berikut macam-macam versi dari Microsoft Windows :   

 1. Windows 1.0




  Windows 1.0 adalah versi windows pertama kali yang dikenalkan oleh microsoft corporation pada tahun 1985. Windows pertama kali ini dirasa kurang populer pada zamannya karena kurang fitur dalam fungsionalitasnya. Sistem operasi windows 1.0 ini memiliki kemampuan yang sama dengan MS-DOS, cuman berbeda pada tampilan antarmuka grafis. Jadi bisa disimpulkan kelemahan yang ada pada MS-DOS juga terdapat pada windows 1.0. Berikut ini macam macam versi windows 1.0:
· Windows 1.0.1 (rilis november 1985)
· Windows 1.03 (rilis agustus 1986)
· Windows 1.04 (rilis april 1987)


2. Windows 2.0


Windows 2.0 adalah versi ke-2 yang dirilis pada tahun 1987 oleh microsoft corporation. Windows 2.0 ini lebih cepat dikenal daripada versi windows 1.0 yang dirasa kurang populer di tahun-tahun sebelumnya. Kepopuleran windows 2.0 ini disebabkan karena adanya aplikasi grafis buatan microsoft yakni microsoft excel for windows dan microsoft word for windows yang banyak dibutuhkan untuk aktifitas multitasking yang hanya support sistem operasi windows. Berikut ini macam macam versi windows 2.0 :
· Windows 2.0 (rilis desember 1987)
· Windows 2.10 (rilis mei 1988)
· Windows 2.11 (rilis maret 1989)


3. Windows 3.0


Windows 3.0  adalah versi ke-3 yang dirilis tahun 1990 oleh microsoft corporation dengan kelebihan tersendiri dari versi pertama dan kedua. Pada versi windows 3.0 ini microsoft mendapatkan kesuksesan yang luar biasa pada awal rilisnya. Windows 3.0 ini mampu memberikan peningkatan performa terhadap fitur-fitur aplikasi yang kompatibel dengan windows. Keunggulan yang ada pada windows 3.0 ini mampu memberikan izin pemakai untuk melakukan aktifitas multitasking. Misalnya menjalankan aplikasi MS-DOS bersamaan dengan microsoft word atau microsoft excel. Berikut ini macam-macam windows 3.0 :
· Windows 3.0 (rilis mei 1990)
· Windows 3.1 (rilis agustus 1992)
· Windows 3.2 (rilis november 1993)


4. Windows For Workgroups






Windows for workgroups adalah versi windows untuk tambahan windows 3.1 dan sebagai versi tersendiri. Didalamnya terdapat dasar windows yang memiliki driver jaringan komputer, support jaringan secara peer-to-peer dan stack protokol yang lebih bagus. Berikut ini versi windows for workgroups :
· Windows for workgroups 3.1 (rilis 1993)
· Windows for workgroups 3.11 (rilis 1993)

5. Windows NT




Windows NT adalah versi windows yang dikembangkan oleh Dave Cutler yang sebelumnya menjabat sebagai salah satu pimpinan di Digital Equipment Corporation (DEC) dan bergabung dengan microsoft karena proyeknya tidak disetujui oleh petinggi DEC. Windows NT memiliki peningkatan fitur application programming interface (API) 32-bit yang di versi windows sebelumnya hanya menggunakan API 16-bit. Windows NT ini pada zamannya hanya bisa dimiliki oleh kalangan terbatas karena dikenal mempunyai sistem yang boros sumber daya sehingga membutuhkan hardware yang mahal juga. Berikut ini versi macam macam NT :
· Windows NT 3.1 (rilis juli 1993)
· Windows NT 3.5 (rilis september 1994)
· Windows NT 3.51 (rilis mei 1995)



6. Windows 95





Windows 95 adalah versi windows yang berorientasi kepada pengguna/konsumen yang memiliki aktifitas multitasking secara pre-emptive 32-bit seperti pada OS/2 dan windows NT. Windows 95 ini hanya support sistem operasi DOS buatan microsoft, sehingga jika digunakan pada sistem operasi DOS bukan buatan microsoft maka mustahil untuk berkembang pesat. Berikut ini versi windows 95 :dijalankan. Hal ini semakin mengokohkan microsoft sebagai perusahaan IT yang sedang 
· Windows 95 (agustus 1995)
· Windows 95 A
· Windows 95 B
· Windows 95 B USB
· Windows 95 C


7. Windows NT 4.0



Windows NT 4.0 adalah versi windows yang ditujukan untuk pasar workstation untuk mengamvam dominasi novel netwar dan UNIX. Windows NT 4.0 ini memiliki interface seperti windows 95 dan memakai kernel seperti windows NT. Berikut ini versi macam macam windows NT 4.0 :
· Windows NT 4.0 Workstation
· Windows NT 4.0 Server
· Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition
· Windows NT 4.0 Terminal Servet

8. Windows 98



Windows 98 adalah versi revisi dari windows 95 yang memiliki banyak driver perangkat keras dan support sistem berkas FAT32 yang lebih baik. Selain itu, fungsi USB pada windows 98 lebih bagus dibanding dengan versi windows sebelumnya, windows 95. Windows 98 mulai ditanamkan microsoft internet explorer yang berfungsi sebagai mesin pencari yang ada hingga saat ini. Berikut ini versi macam macam windows 98 :
· Windows 98 (rilis juni 1998)
· Windows 98 Second Edition (rilis 1999)


9. Windows 2000



Windows 2000 (rilis februari 2000) adalah versi windows yang dikenal dengan windows NT 5.0. Windows 2000 ini mencakup pangsa pasar workstation dan server yang memiliki fitur active directory, device manager yang ditingkatkan menjadi microsoft management console, windows media player dan directX 6.1. Berikut ini versi macam macam windows 2000 :
· Windows 2000 Professional
· Windows 2000 Server
· Windows 2000 Advanced Server
· Windows 2000 Datacenter Server
· Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
· Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition

10. Windows ME (Millennium Edition)




Windows ME adalah versi windows yang memiliki fitur multimedia, internet dan system restore yang lebih baik dari versi windows sebelumnya. Windows ME juga menanamkan windows movie maker yang merupakan sebuah software untuk mengolah sebuah gambar, video, dan musik menjadi sebuah film/movie clip. Fitur yang terbenam di dalam windows 2000 seperti internet explorer 5.5, windows media player 7.0 dan microsoft directX 7.1. Windows ME merupakan versi windows terakhir yang tidak memiliki windows product activation atau lebih dikenal dengan aktifasi windows. Berikut versi windows ME :
· Windows Millennium Edition (rilis september 2000)


11. Windows XP



Windows XP adalah versi windows yang paling lama masa penggunaannya kisaran tahun 2001 sampai 2007, mungkin sebagian komputer yang ada dirumah kita juga masih menggunakan win XP untuk spesifikasi komputer rumahan yang rendah. Windows XP ini dikenal sebagai windows rumahan karena banyak pengguna rumahan yang memakainya untuk melakukan aktifitas multitasking. Berikut ini versi macam macam windows XP :
· Windows XP Home Edition
· Windows XP Home Edition N
· Windows XP Professional
· Windows XP Professional N
· Windows XP Media Center Edition (MCE)
· Windows XP Media Center Edition 2003
· Windows XP Media Center Edition 2004
· Windows XP Media Center Edition 2005
· Windows XP Tablet PC Edition
· Windows XP Tablet PC Edition 2005
· Windows XP Embedded
· Windows XP Starter Edition
· Windows XP Professional x64 Edition
· Windows XP 64-bit Edition
· Windows XP 64-bit Edition 2003


12. Windows Vista




Windows Vista (rilis januari 2007) adalah versi windows yang memiliki banyak fitur baru seperti user control account, windows aero GUI, windows calendar, windows DVD maker, game chess titans, mahjong, purble, internet explorer yang lebih safe dan windows media player versi 11. Berikut ini versi macam macam windows vista :
· Windows Vista Starter
· Windows Vista Home Basic
· Windows Vista Home Premium
· Windows Vista Business
· Windows Vista Enterprise
· Windows Vista Ultimate


13. Windows 7



Windows 7 (rilis oktober 2009) adalah versi windows yang dikenal dengan blackcomb dan vienna. Windows ini memiliki fitur jump list, taskbar, windows media player 12, internet explorer 8, gadget unik, spesifikasi yang lebih ringan dan harga yang murah daripada win vista. Berikut ini versi macam macam windows 7 :
· Windows 7 Starter
· Windows 7 Home Basic
· Windows 7 Home Premium
· Windows 7 Professional
· Windows 7 Ultimate
· Windows 7 Enterprise


14. Windows 8



Windows 8 (rilis oktober 2012) adalah versi windows yang memiliki fitur lebih banyak dilengkapi start screen baru, interface metro, dan beberapa aplikasi pendukung. Fitur yang ditanamkan pada windows 8 ini mulai dari hilangnya tombol start pada desktop, portable di USB, hybrid boot, fitur recovery, resfresh dan reset dan lebih banyak lagi. Berikut ini versi macam macam windows 8 :

· Windows 8
· Windows 8 Pro
· Windows 8 Enterprise
· Windows RT


15. Windows 8.1




Windows 8.1 (juni 2013) adalah versi windows lanjutan dari windows 8 yang dilengkapi dengan tombol Mulai Baru, booting langsung ke desktop, layar kunci dan beberapa aplikasi metro baru. Fitur yang dibenamkan juga banyak seperti calculator (modern UI), alarm, sound recorder, reading list, food dan drink, file manager berbasis modern UI dan lebih banyak lagi. Berikut ini versi macam macam windows 8.1 :
· Windows 8.1
· Windows 8.1 Pro
· Windows 8.1 Enterprise
· Windows RT 8.1

16. Windows 10





Windows 10 (rilis juni 2015) adalah versi windows yang memiliki tipe kernel hibrida yang dikembangkan oleh microsoft bagian dari sistem operasi windows NT. Windows 10 dikembangkan guna mengatasi kekurangan pada windows 8 dengan menambahkan pengalaman pengguna yang tidak support layar sentuh. Interface yang digunakan pun sudah mulai mendukung aktifitas pengguna yang tidak berlayar sentuh. Berikut ini versi macam macam windows 10 :
· Windows 10 Home
· Windows 10 Pro
· Windows 10 Enterprise
· Windows 10 Education
· Windows 10 Enterprise LTSB



B. LINUX

 Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan di distribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Berikut ini sebagian dari sistem operasi Linux yang paling populer, diminati, dan digunakan penggunanya :


1. Debian

Debian adalah salah satu tipe dari macam-macam sistem operasi Linux yang sudah lama ada sejak tahun 1999 lalu dan terus dikembangkan secara teratur setiap tahunnya hingga sekarang sudah memasuki versi 8. Sistem operasi ini kurang cocok digunakan untuk tujuan personal karena fungsinya lebih diperuntukkan pada penggunaan di sistem komputer server dan admin. Debian sebagai sistem operasi server banyak diapresiasi dan menjadi andalan penggunanya.



2. Ubuntu




Ubuntu merupakan tipe sistem operasi Linux yang dasarnya dikembangkan dari Debian. Bedanya sistem operasi ini dapat digunakan tidak hanya di komputer server dan admin saja tapi juga ramah dan sesuai untuk penggunaan pada komputer personal atau pribadi. Bahkan pada versi terbaru juga dikondisikan untuk penggunaan di perangkat smartphone. Oleh sebab itu, sistem operasi Linux jenis ini menjadi yang paling banyak dipakai dari sekian macam-macam sistem operasi Linux yang ada. Proyek Ubuntu sendiri dikembangkan oleh Canonical Ltd sejak tahun 2004 dan rutin melakukan update versi setahun 2 kali. Tiap versi baru memiliki masa support 2 tahun dan khususnya versi genap memiliki masa support 3 tahun pada tipe personal dan 5 tahun pada tipe server.



3. Linux Mint

Jika Ubuntu tadi merupakan perkembangan dari Debian, maka Linux Mint dapat dibilang cucu dari Debian karena dikembangkan dengan dasar Ubuntu. Sistem operasi Linux satu ini dikembangkan untuk tujuan penggunaan pribadi atau personal (PC) dan terbagi menjadi 2 varian yaitu CINNAMON dan MATE. Kelebihan Linux Mint antara lain user friendly, desain simpel, dan mendukung berbagai fasilitas multimedia. Linux Mint juga memiliki keunggulan lain yaitu dapat menjalankan sebagian besar program aplikasi Ubuntu karena merupakan perkembangannya.



C. MAC OS


Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2002 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86. 




Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "X" (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). Berikut Jenis-jenis sistem operasi Macintosh/OS Mac dan perkembangannya dari masa ke masa :  
· 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
· 1986: Macintosh Plus
· 1987: Macintosh II, Macintosh SE
· 1988: Macintosh IIx
· 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
· 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, seri Macintosh LC
· 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
· 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
· 1993: Macintosh Centris, Macintosh Color Classic, Macintosh Performa, Macintosh TV
· 1994: Power Macintosh
· 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
· 1998: iMac
· 1999: iBook, Power Macintosh G4
· 2000: Power Mac G4 Cube
· 2001: PowerBook G4
· 2002: eMac
· 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
· 2004: iMac G5
· 2005: Mac mini
· 2006: MacBook, MacBook Pro


5. Brainware


 Brainware memilki arti sebagai orang yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Dapat kita beri contoh brainware itu seperti orang yang menggunakan komputer, animator, programmer, bahkan netter. Pengertian lainya adalah pengguna yakni manusia yang merupakan user untuk mengoprasikan sebuah komputer. Sebagai Contohnya programer, operator dan Administrator atau orang-orang yang memakai atau menggunakan komputer bisa di sebut Brainware termasuk kita.

Karna tanpa adanya brainware sudah barang tentu komputer tidak dapat berfungsi untuk mengolah data atau aktifitas lainya, Oleh sebab itu Brainware menjadi salah satu hal terpenting dalan sebuah sistem komputer setara dengan Hardware maupun Software.




Tingkatan Brainware

1. System Analyst : Adalah seseorang Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan computer, Seorang analis harus mempunyai kemampuan lebih di bidang Analisis, Teknis, Manajerial, Interpersonal.


2. Programmer : Adalah Seorang yang mempunyai kemampuan di bidang bahasa pemrograman seperti java, c++, Html, Delphi dll yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang. 


3. Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer, Brainware operator memiliki banyak tanggung jawab yang harus dia jaga seperti Mencegah badword ( kata-kata kasar atau pun jorok/ tidak sopan ), Mencegah flaming/kata-kata yg bisa memancing terjadinya provokasi antar user 


4. Operator : Adalah brainware level terendah yaitu Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada untuk di manfaatkan mengolah kata dan angka ataupun melakukan aktivitas (Pekerjaan) lainya.




Demikian artikel tentang Pengenalan Dasar Komputer, Semoga bermanfaat bagi para pembaca, Terima kasih.




Sumber wacana :

http://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-macam-macam-perangkat-keras-komputer/
http://www.cuthawe.com/2016/04/hardware-software-dan-brainware.html 
http://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2016/09/macam-macam-windows-lengkap-beserta.html
http://www.haniif.com/macam-macam-sistem-operasi-linux/
https://id.wikipedia.org/wiki/Mac_OS
http://www.okezone.web.id/2016/03/pengertian-brainware-beserta-tingkatan.html

2 comments:

  1. One UI Samsung adalah salah satu skin Android paling kaya fitur di pasaran dan pembaruan One UI 6.1 mendatang dari perusahaan akan membawa hal tersebut lebih jauh lagi. Meskipun mungkin terdengar seperti versi kecil di atas kertas, rumor menunjukkan bahwa pembaruan besar berbasis AI akan segera terjadi. Smartphone andalan Galaxy S24 mendatang dari perusahaan akan menjadi yang pertama menerima pembaruan, tetapi pada akhirnya juga akan tersedia di perangkat Samsung lama. Jadi apa sebenarnya yang dihadirkan One UI 6.1? Mari selami apa yang kita ketahui sejauh ini dan kapan hal itu akan terjadi.

    Fitur One UI 6.1: Apa yang diharapkan

    Samsung belum secara drastis mengubah bahasa desain One UI-nya selama beberapa tahun dan kemungkinan besar hal itu juga tidak akan berubah dengan versi kecil ini. Sebaliknya, bocoran menunjukkan bahwa One UI 6.1 akan sangat fokus pada penambahan fungsionalitas baru daripada meningkatkan tampilan dan nuansa kulit secara keseluruhan. Jadi apa yang Anda harapkan? Berikut ikhtisar singkat bocoran fitur One UI 6.1 yang kami ketahui sejauh ini.

    Wallpaper yang dihasilkan AI : Fitur wallpaper AI Google yang memulai debutnya dengan seri Pixel 8 akan hadir di perangkat Samsung dengan pembaruan One UI 6.1. Anda juga mungkin dapat menerapkan efek cuaca dan potret pada wallpaper.

    Memindahkan objek antar gambar : Dengan menggunakan AI generatif , One UI 6.1 memungkinkan Anda memindahkan objek dalam gambar dan bahkan memindahkannya ke gambar yang berbeda.

    Perluasan foto : Aplikasi Galeri Samsung juga dapat memperoleh kemampuan untuk memperluas gambar melampaui batas aslinya. Ini pada dasarnya adalah fitur pengecatan yang pernah kita lihat di generator gambar AI. Anda memerlukan akun Samsung dan koneksi internet untuk menggunakan fitur ini, tetapi setidaknya Anda tidak perlu membayar untuk berlangganan Midjourney.

    Sumber: exatekno.com

    ReplyDelete