Tips Aman Belanja Online



Saat ini berbelanja tak perlu datang langsung ke toko atau pasar. Aktivitas jual beli kini sudah marak dilakukan secara online. Tidak hanya menguntungkan bagi penjual, pembeli pun dimanjakan dengan belanja online karena tidak perlu repot-repot pergi ke pasar atau toko. Cukup duduk santai di kursi bahkan dengan tiduran pun barang yang kita inginkan bisa sampai rumah dengan selamat.

Tentu saja belanja online mempunyai dampak positif dan negatif. Agar tetap aman berbelanja online, mari perhatikan kiat-kiat yang harus dilakukan:

1. Memastikan situs jual beli tersebut aman
Hal ini bisa kita lihat dari icon gembok kecil yang biasanya terdapat pada pojok kanan atas URL bar. Bisa juga dilihat dari tambahan huruf “s” pada alamat URL. Jika diawali dengan https:// berarti situs tersebut aman, tetapi bila berawalan http:// maka situs tersebut belum terjamin keamanannya.

2. Melihat ulasan atau testimoni pelanggan
Sebelum berbelanja online ada baiknya kamu melihat testimoni dari orang lain. Pilihlah situs belanja yang mendapat apresiasi positif dan hindari belanja di situs yang mendapat bintang satu atau komplain atas kekecewaan konsumen. Bila kamu berbelanja online di instagram, kamu sebaiknya tidak berbelanja di akun yang mematikan kolom komentar. Karena pasti ada yang disembunyikan dari si penjual. Kamu patut curiga.

3. Perhatikan deskripsi produk
Bacalah deskripsi produk dengan cermat. Terutama untuk barang fashion seperti pakaian. Perhatikan ukurannya agar barang yang kamu beli cocok dengan kamu. Mintalah sizepack pada penjual bila belum dideskripsikan. Contoh, mintalah sizepack ukuran baju size S mempunyai panjang baju berapa cm, lebar bahu berapa cm, dsb. Karena beda merek baju bisa berbeda standart ukurannya. Standart ukuran Indonesia dengan luar negeri pun berbeda, oleh karena itu kamu harus memperhatikan detail produk tersebut.

4. Hindari persyaratan uang muka (DP)
Sebaiknya kamu menghindari penjual yang meminta uang muka (DP) sebelum barang yang kamu pesan ready, karena bisa jadi itu modus penipuan. Tapi jika kamu sudah kenal dengan si penjual atau penjual sudah terkenal di seluruh Indonesia dan dapat dipercaya, kamu boleh melakukannya. Lebih baik lagi bila penjual melayani sistem COD (Cash On Delivery), yaitu sistem bayar langsung saat kamu terima barang. Sehingga bisa memperkecil resiko belanja online.

5. Simpan bukti transaksi
Menyimpan bukti transaksi seperti bukti transfer uang, salinan percakapan (chat), deskripsi produk adalah sangat penting. Jika barang yang kamu terima nanti tidak sesuai dengan kesepakatan awal, kamu punya bukti kuat untuk menuntut si penjual.

Itulah tips aman berbelanja online yang bisa kamu terapkan agar belanja online tetap menyenangkan. Jadilah pengguna teknologi dan pembeli yang pintar. Semoga bermanfaat.

Referensi :
https://www.liputan6.com/bisnis/read/3218022/biar-tak-tertipu-ini-kiat-aman-belanja-online diakses tanggal 6 Juni 2018

Share on Google Plus

About Taman Surya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment