Sunday 12 March 2017

jaringan komputer dan macam macamnya


JARINGAN KOMPUTER
jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk komunikasi dengan bertukar data. tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuanya setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan.
>  Manfaaat Jaringan Komputer:
-dengan jaringan komputer kita dapet mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah disebarluaskan melalui suatu jaringan semisal jaringan internet
-melalui jaringan komputer kita dapat melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien
-jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan muda

Macam Macam Jaringan:
-LAN Local Area Network merupakan jaringan yang mencakup wilayah kecil saja semisal warner, kantor atau sekolah. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s.
-MAN Metropolitan Area Network merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan tranfer data yang tinggi Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.
-WAN Wide Area Network merupakan jaringan yang jangkauanya mencakup daerah geografis yang luas
WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbebeda.

B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

1. Jaringan Terpusat
jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/data yang berasal dari komputer server

2. Jaringan Terdistribusi
merupakan hasil perpaduan dari jaringan terpusat sehingga memungkinkan komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.

 


0 comments:

Post a Comment