PENGENALAN DASAR GIMP

Gimp adalah salah satu program alternatif yang dapat digunkaan untuk mengolah gambar bitmap yang tidak hanya bersifat free dan multiplatform, GIMP juga menyediakan fasilitas mengolah gambar yang unik dan powerfull. Output gambar yang dihasilkan oleh GIMP sangat bervariasi mulai dari GIF, JPEG, TIFF, BMP, dan masih banyak lagi.

Menu dan Toolbox

Menu-menu yang dimiliki oleh GIMP adalah File, Edit, Select, View, Image, Layer, Tools, Colors, Filters, Windows, dan Help.
Menu GIMP

ToolBox yang dimiliki oleh program GIMP antara lain :

Macam-Macam Toolbox Dan Fungsinya

Menu-menu ToolBox tersebut memiliki fungsi masing-masing seperti menu Rectangular Select (R)  untuk menyeleksi gambar secara persegi, Ellipse Select (E) untuk menyeleksi gambar secara lingkaran, dan Free Sellect (F) untuk menyeleksi gambar secara bebas. Lalu menu Move (M) untuk memindahkan, Magnify (Shifft + M) untuk zoom Out atau zoom in, dan Crop Tool (Shift+C) untuk memotong gambar.

Pada Toolbox juga terdapat menu Tool Option, jendela Tool Option ini terletak dibagian bawah ToolBox. Fungsi utama dari Tool Option ini untuk mengatur properties atribut atau tool yang diaktifkan. Berikut ini adalah contoh Tool Option saat menekan Paint Brush Tool :

Tool Options

Layer

Prinsip layer bertujuan untuk memudah proses pembuatan dan pengeditan gambar. Pada awal pembuatan projek jumlah hanya satu tetapi, layer bisa diatambahkan atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Layer


1. Cara menambahkan layer adalah :
  • Klik menu layer
  • Klik New Layer, 
  • Tekan OK

2. Cara menghapus layer adalah :
  • Klik layer yang akan dihapus
  • Klik menu layer
  • Klik Ok

Brush

Brush merupakan jendela yang berisi bentuk bentuk garis yang dapat dibuat. Menu Brush tidak hanya berlaku pada PaintBrush Tool saja tetapi, juga berlaku pada menu Eraser Tool, AirBrush Tool, dan Pencil Tool. Berikut ini adalah bentuk bentuk garis yang ada pada Brush :

Brush

Pattern dan Gradient

Program GIMP juga menyediakan menu Patern dan Gradient. Patern ditujukan untuk memberi corak atau motif pada suatu gambar dan dapat diaktifkan dengan menekan Shif+Ctrl+P secara besamaan. Sedangkan di dalam jendela Gradient sudah terdapat banyak racikan warna yang secara instan bisa langsung kita gunakan atau kita dapat menentukan campuran warna yang kita inginkan. Berikut ini adalah gambar jendela Gradients :

Gradients

Cara Membuat Lembar Kerja Baru Pada GIMP

  • Klik Menu File
  • Klik New
  • Setelah itu akan muncul jendela “Create New Image”, tentukan ukuran kertas pada Template dan tentukan ukuran gambar pada Image Size
File -->  New
Create New Image

Pengaturan Warna Pada GIMP

Untuk Pengaturan warna pada GIMP. Pada awal membuat pengaturan warna untuk foreground dan background, default warna yang dipakai adalah warna hitam untuk foreground dan putih untuk background. Untuk mengubah warna pada foreground atau background kita tinggal melakukan double klik pada foreground atau background yang akan di ubah, sehingga muncul jendela Change Foreground/Background Color , seperti ditunjukkan gambar dibawah ini: 

Pengaturan Warna Foreground
 
Default Warna GIMP

Share on Google Plus

About Nabella Zakaria

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment