TUTORIAL MEMBUAT LABEL PADA OBJEK MENGGUNAKAN GIMP



Berikut akan kami jelaskan tata cara membuat label pada objek menggunakan Aplikasi GIMP sebagai berikut:
  1. Buka Aplikasi GIMP

  2.  Pilih Menu OPEN, Kemudian Pilih Gambar Object Yang Ingin Di Pakai(Disini saya contohkan objectnya adalah Gelas Plastik 

            Gambar dibawah ini merupakan hasil OPEN dari object yang sudah kita pilih.



     3. Buat layer baru, dengan cara click pada gambar layer, seperti pada gambar yang ada tanda                    panahnya seperti dibawah ini. isikan width = 225, height 225. 

Atau bisa juga kita membuat layer baru dengan cara pilih pada menu layer kemudian pilih "new layer" seperti pada gambar di bawah ini.

    4. Pilih RECTANGLE  seperti pada gambar dibawah ini (gambar berada pada lingkaran yang di             berikan tanda panah)

    Setelah itu pilih bagian yang ingin diberikan label, dengan cara click tahan pada               bagian object sampai membentuk persegi, seperti pada gambar di bawah ini.
     5. Pilih Menu EDIT  kemudian pilih FILL WITH BIG COLOR, seperti pada gambar di bawah             ini
      Hasilnya seperti pada gambar  di bawah ini.
     6. Setelah itu matikan layer pada object kita, dengan cara click tanda matanya, seperti gambar di              bawah ini. (gambar mata berada di lingkaran yang di beri tanda panah)

maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.


    7. Pilih menu SELECT kemudian pilih NONE

 

    8. Pilih TEXT TOOL kemudian pilih font Edwardian Script ITC Semi-Expanded dan ukuran font           21, kemudian berikan warna pada tulisan mengeclick tombol warna yang ada.


    9. Setelah memberian tulisan kemudian kita akan memberikan gambar yang akan dijadikan sebagai         label (disini saya berikan contoh gambar buah apel). jika masih belum mempunyai gambar yang         akan di jadikan label, bisa di cari di internet
    
  10. Setelah gambar dimasukan kedalam lembar kerja, kemudian kita buat layer baru yang digunakan         untuk menampung gambar yang sudah kita masukan .

  11. Setelah itu pilih SCALE TOOL, dan kemudian click pada gambar labelnya, setelah itu kita bisa         mengatur mau di buat seberapa gambar label yang sudah kita pilih. (disini saya contohkan                   untuk scalenya width=134, height=91) kemudian pilih scale

 


  12. Pilih TEXT TOOL lagi, kemudian ketikan Sehat, Enak, Segar dan pilih font Edwardian Script             ITC Semi-Expanded ukuran font 14, dan juga beri warna pada tulisan juga, untuk perintahnya             seperti diatas.

  13. Pilih Menu LAYER dan kemudian pilih NEW FROM VISIBLE

 

  14. Matikan semua layer yang ada kecuali layer visible dan kemudian hidupkan layer pada object             yang kita matikan tadi. 


  15. Pilih opacity disebelah kanan atas, opacity ini digunakan untuk memberikan efek buram pada             label.


  16. Click pada layer visibelnya kemudian click kanan dan pilih Alpa to Selection




  17. Pilih menu FILTERS kemudian pilih DISTORTS => CURVE BEND, kemudian edit bentuk             dari label sesuai dengan selera kita atur untuk curve bordernya meliputi upper dan lowernya



  18. setelah kita mengatur curve bordernya kemudian click ok, dan kemudian kita buat layer baru               lagi digunakan untuk menampung hasil dari pengaturan kita.


  19. Matikan layer visible, setelah itu modenya kita atur tempat dari mode berada diatasnya opacity,           Kita click terlebih dahulu pada layer yang diinginkan, kemudian click MODE => MULTIPLY


  20. Pilih perspective tool, kemudian kita atur atau kita luruskan sesuai dengan object

Hasil yang didapatkan


SEMOGA BERMANFAAT ^_^

Share on Google Plus

About Puspita Dewi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment