Tuesday 1 September 2015

Pengenalan, Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Internet

Pengenalan, Pengertian, Fungsi, dan Kegunaan Internet

Pengertian Internet
Internet merupakan singkatan dari interconnected networkingyang berarti jaringan komputer yang saling terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lain yang membentuk sebuah jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, saling bertukar informasi atau tukar menukar data.

Secara fisik, internet dapat digambarkan seperti jaring-jaring yang menyerupai jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung melalui titik-titik (node). Node dapat berupa komputer maupun peralatan (peripheral) lainnya.


Fungsi Internet
Fungsi internet secara sederhana yaitu sebagai media komunikasi, akses informasi, sebagai sumber daya atau data, dalam hal ini berarti internet bisa menyiarkan dan mengakses secara langsung baik berita informasi dan betukar data dengan akses internet online ke seluruh penjuru dunia tanpa ada batasan wilayah geografis dari setiap penggunanya.


Kegunaan Internet
Internet dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan oleh berbagai elemen masyarakat maupun dalam bidang usaha untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk meningkatkan produktivitas ataupun sarana bertukar data dan juga akses informasi maupun hiburan secara online yang sangat lengkap.adapun beberapa contoh dari kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut

  • Sebagai sarana hiburan (game online, sarana berbagi video)
  • Sebagai sarana Informasi ( Majalah online, sosial media,Browsing)
  • Sebagai sarana kerja/peningkatan produktifitas di bidang pekerjaan ( Email, Clouting/penyimpanan file berbasis awan )
  • Sebagai sarana perdaganagan (jual beli online)

Keunggulan Internet
Internet memiliki keunggulan/kelebihan tersendiri dibandingkan dengan penyedia layanan informasi yang lainya.di bawah ini merupakan keunggulan/kelebihan dari internet.

  • Dapat di akses 24 jam
  • Biaya murah dan bahan gratis
  • Kemudahan akses informasi dan transasksi
  • Kemudahan dalam membangun relasi
  • Tidak terbatas jarak dan waktu
  • Internet dapat di akses secara global

 Next    2   3   4     5  

4 comments:

  1. internet memang sangat diperlukan terutama dengan perkembangan teknologi seperti sekarang. Terutama bagi yang ingin Belajar online menggunakan internet

    ReplyDelete
  2. tapi penggunaan internet untuk anak dibawah umur harus lebih diperhatikan lagi, yuk kunjungi internet cepat di bali

    ReplyDelete