Menyimpan File pada DropBox


Penyimpanan data pada DropBox dapat dilakukan dengan melakukan upload melalui website milik DropBox yaitu www.dropbox.com atau dengan melakukan sinkronisasi antara folder bernama ‘DropBox’ yang terdapat pada komputer pengguna dengan akun DropBox kita. Kedua cara tersebut akan dibahas secara mendetail disertai dengan contoh gambar.

a. Melakukan Sinkronisasi Folder Pada Desktop

Ketika DropBox telah terinstall pada desktop pengguna maka DropBox akan secara otomatis menyiapkan sebuah folder yang akan disinkronisasi secara berkala. Folder tersebut secara standar akan bernama ‘Dropbox’ disertai dengan sebuah icon bergambar centang pada sebelah kanan bawah.

Icon tersebut akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi sinkronisasi, apabila folder belum selesai tersinkronisasi maka icon akan berubah menjadi berwarna biru dengan dua buah tanda panah didalamnya. Apabila telah selesai maka icon tersebut akan berubah menjadi berwarna hijau dengan tanda centang (thick) di dalamya.


b. Melakukan Upload File melalui Web Site

Cara lain untuk menyimpan file pada DropBox adalah dengan melakukan upload file melalui www.dropbox.com, untuk dapat melakukan upload maka pengguna harus terlebih dahulu melakukan login. Jika login telah berhasil dilakukan maka pengguna akan dibawa ke dalam menu utama dari DropBox.

Pada tampilan utama dari dopbox akan ditampilkan daftar file-file yang telah kita upload, file tersebut juga mencakup file yang kita upload dengan cara sinkrosisasi folder pada PC. Apabila pengguna ingin melakukan upload file maka pada bagian kanan atas akan terdapat sebuah icon bergambar kertas disertai dengan tanda panah biru.



Icon tersebut berguna untuk membawa user ke dalam halaman web yang berfungsi untuk melakukan upload file. Selain icon upload juga terdapat icon lain (disebutkan secara urut dari kiri ke kanan), yaitu:

1. New Folder
New Folder akan berfungsi untuk membuat folder baru yang dapat digunakan untuk mengelompokkan file-file yang dimiliki oleh user.

2. Share Folder
Share Folder berguna untuk membagikan folder yang dipilih oleh pengguna kepada publik. Share Folder ini akan dibahas lebih lanjut pada bagian berikutnya.

3. Show Deleted Items
Show Deleted Items akan menampilkan semua file yang pernah dihapus oleh pengguna, hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan penghapusan oleh pengguna. File yang telah dihapus tersebut dapat dikembalikan ke dalam folder asalnya.

Ketika tombol upload dipilih maka DropBox akan meminta pengguna untuk memilih file mana yang ingin diupload. Apabila pengguna ingin mengupload lebih dari satu file maka file-file tersebut dapat diupload dalam waktu yang bersamaan.

Selama proses upload, DropBox akan menunjukkan progress upload yang telah dijalankan. Estimasi waktu yang diperlukan juga akan ditunjukkan pada bagian bawah, apabila pengguna merasa terganggu maka tersedia juga tombol ‘hide’ yang dapat menyembunyikan status tersebut. Semua file yang baru diupload akan ditunjukkan dengan background biru pada item tersebut.



 Next    1   2   4 
Share on Google Plus

About Taman Surya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments: