Cara Pengaturan Paragraf dan Pembutan Artikel

Ukuran kertas (paper) A4 dan margins kita tentukan seperti berikut ....

Gambar W2.1

Ketiklah artikel berikut ini ......

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Selalu Sehat

Ukuran sehat yaitu ketika kita mampu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit yang selalu menerpa seperti penyakit demam, flu, batuk dan lain-lain. Lalu bagaimana kita bisa menjaga daya tahan tubuh yang benar agar selalu sehat dan bugar setiap hari? Berikut ini tips menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat :


Kini akan membuat tampilan dengan menu Bullets and numbering ...

Bullet merupakan salah satu symbol atau bentuk unik tertentu yang digunakan untuk mempercantik tampilan teks. Adapun numbering itu sendiri merupakan fasilitas penomoran otomatis yang bisa digunakan untuk memberikan nomor urut di setiap barisnya, baik berupa 1,2,3 atau a,b,c ataupun penomoran huruf Romawi.

Contoh menu bullets ...

Gambar W2.2

Untuk memilih bentuk symbol yang lain, klik more bullets â pilih salah satu pilihan bullets  â customize

Gambar W2.3
Penggunaan menu bullets dan numbering juga bisa dilakukan setelah kita menuliskan teksnya. Caranya dengan memblok teks kemudian pilih bullets atau numbering yang diinginkan.

Untuk melanjutkan artikel di atas, pilih menu Home --> Numbering --> pilih yang dilingkari bulatan merah lalu lanjutkan mengetik artikelnya ...

Gambar W2.4
1. Cukup istirahat. Istirahat yang cukup setiap harinya merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
2. Berpikir Positif. Di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang tenang dan sehat juga. Maka usahakan selalu berpikiran positif terhadap segala masalah yang menerpa kita.
3. Rutin Berolahraga. Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
4. Kebersihan Makanan. Selalu memastikan bahwa makanan yang anda makan sudah higienis atau sudah di cuci dengan bersih atau dimasak dengan matang yang sempurna.
5. Kontrol Makanan. Makanlah dengan porsi yang wajar jangan berlebihan. Dikhawatirkan badan anda akan mengalami kegemukan dan riskan terkena penyakit yang terkait dengan kegemukan atau obesitas.
6. Makanan Berserat. Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
7. Vitamin D. Penuhi kebutuhan vitamin D. Karena vitamin D berfungsi untuk menstimulus sel imun agar menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.

Dalam Kingsoft Writer fasilitas alignment/perataan teks ini dilengkapi dengan 4 jenis, yaitu teks rata kanan, rata tengah, rata kiri serta rata kiri dan kanan.
Pengaturan perataan teks bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa cara, yaitu dengan ikon yang sudah ditampilkan, dialog paragraph dan tombol kombinasi.


  • Dengan menggunakan ikon, fasilitas aligment bisa dilakukan dengan memilih menu Home, klik ikon yang bertuliskan Align Text Left, Center, Align Text Right dan atau Justify. Berikut menunya yang dikelilingi garis merah.


Gambar W2.5

Dengan tombol kombinasi adalah
Ctrl + L --> Teks Rata Kiri
Ctrl + E --> Teks Rata Tengah
Ctrl + R --> Teks Rata Kanan
Ctrl + J -->  Teks Rata Kiri dan Kanan

Untuk artikel di atas, pilih pengaturan teks rata kiri dan kanan, kecuali untuk judul pengaturan teksnya rata tengah.

Sedangkan untuk mengatur spasi baris, gunakan menu line spacing. Untuk detail pengaturan paragraf, klik more dan tentukan ukurannya seperti terlihat pada gambar di bawah ini .....

Gambar W2.6


Gambar W2.7
Berikut tampilan setelah dilakukan perataan teks dan pengaturan spasi ...

Gambar W2.
Indentasi adalah bagian paragraf yang menjorok ke dalam pada baris-baris paragraf. Pengaturan indentasi atau penggeseran paragraf baik ke kiri maupun ke kanan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Masing-masing cara mempunyai fungsi sesuai dengan tujuan dan variasi pekerjaan yang dilakukan.

Cara-cara tersebut adalah :
1. Melalui menu Home dengan menekan tombol  Decrease      Indent atau Increase Indent untuk menggeser paragraf ke kanan atau ke kiri.

Gambar W2.9

2.  Melalui menu Page Layout  --> Settings --> Paragraph

Gambar W2.10

Gambar W2.11
Keterangan:
Special, indentasi khusus sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan sendiri, terdiri dari None (meniadakan indentasi khusus), First Line (indentasi kiri hanya untuk paragraf pertama saja) dan Hanging (untuk membuat indentasi gantung)

3. Melalui Ruler
    Rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu melalui menu View.
    Letak pengaturan indentasi berada pada ruler, bisa kita lihat gambar
    di bawah ini

Gambar W2.12

Bagian yang dilingkari merah adalah pengaturan indentasi. Ada 4 tombol indentasi pengaturan,
yaitu :

1. First Line Indent, berfungsi untuk mengatur baris pertama saja dalam paragraf agar menjorok ke dalam. (tombol segitiga arah ke bawah)
2. Hanging Indent, berfungsi untuk mengatur ke dalam jarak semua baris setelah baris pertama dalam paragraf. (tombol segitiga arah ke atas)
3. Left Indent, berfungsi untuk mengatur semua baris dalam paragraf, atau mengatur jarak sebelah kiri paragraf dengan margin sebelah kiri (tombol kotak)
4. Right Indent, berfungsi untuk mengatur jarak sebelah kalan paragraf dengan margin sebelah kanan. (tombol segitiga sebelah kanan)

Selanjutnya seleksi paragraf yang ingin diubah indentasinya, pengaturan ini dilakukan di dalam ruler, tinggal menggeser-geser ke posisi mana yang kita inginkan dengan meng-klik lalu ditahan, tarik ke posisi mana indentasi tsb diletakkan.


Kini akan kita atur indentasinya. Blok atau seleksi paragraf no 1 - 7.
Geser tombol segitiga arah ke atas (Hanging Indent) agar sejajar dengan awal kalimat pada baris pertama. Hasilnya seperti di bawah ini.

Gambar W2.13

Size font judul dirubah menjadi 14 .. hasil akhirnya seperti di bawah ini ...


Gambar W2.14




Share on Google Plus

About Taman Surya

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment